Silamatika Education: Terobosan Baru Pembentukan Karakter Anak
sumber: Wijdan dan Tim |
Silamatika Education: Permainan Edukasi Pancasila dan Matematika
sebagai Media Pembentukan Karakter Religius, Sopan, Ulet, Rukun, Cermat
(Resource) Berbasis Android yang diusung oleh kolaborasi mahasiswa dari jurusan
matematika, teknik, psikologi dan kesehatan masyarakat yang merupakan terobosan
baru dalam bidang teknologi. Tim pengusul yang terdiri dari M. Wijdan
Hilmy, Shulhan Fauzi, Valentino Marcel, Anas Sebtu Prawira, dan Veni Zuldhiviani
dengan bimbingan Ibu Siti Khabibah, S.Si, M.Sc ini berhasil lolos pendanaan
Dikti kategori karsa cipta tahun 2016/2017.
Ide ini berawal dari keprihatinan kami terhadap kondisi karakter
anak-anak yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, hal ini dibuktikan
dari ketidakpahaman tentang pengamalan nilai-nilai dari Pancasila bahkan
ketidaktahuan sila-sila dari Pancasila. Seiring dengan perkembangan zaman
yang semakin canggih membuat ketertarikan anak-anak terhadap permainan bergeser
dari yang tradisional ke digital. Hal tersebut membentuk karakter anak
menjadi buruk, seperti ingin yang praktis atau instan, tidak mau rumit.
Tentunya, karakter tersebut berpengaruh pada pembelajaran di
sekolah, terutama pada mata pelajaran matematika. Anak-anak menganggap
matematika itu sulit dan rumit sehingga motivasi belajar mereka akan turun yang
akan berpengaruh pada nilai prestasi. Padahal matematika dan Pancasila memiliki
peranan pentkng dalam semua aspek kehidupan. Belajar matematika untuk melatih
berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, mengembangkan kreativitas yang
imajinatif, dan mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah, sedangkan
Pancasila untuk mengamalkan nilai-nilai di dalamnya agar dapat berinteraksi dan
berbaur dengan masyarakat yang heterogen tanpa diskriminasi.
Oleh karena itu, Wijdan dan tim menggagas suatu permainan yang berbasis
edukasi bernama SILAMATIKA untuk meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar
matematika sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila
dengan konsep matematis dan nasionalis yang berbentuk tiga dimensi sehingga
permainan menjadi lebih menarik yang dapat dimainkan secara global karena
permajnan dapat diunduh pada play store. Selain itu, harapan kami, silamatika
ini bisa menjadi media pembelajaran dan pembentukan karakter di tingkat sekolah
dasar dan menengah pertama.
Kegiatan sosialisasi "SILAMATIKA" di acara expo yang
bertempat di halaman Fakultas Sains dan Matematika mendapat sambutan hangat dan
tanggapan yang baik dari para pengunjung karena Permainan Silamatika ini bisa
digunakan oleh khalayak umum, tidak hanya satu sasaran saja. Mereka juga sudah
tidak sabar menunggu SILAMATIKA ini release dan unduh di Play Store. (M. Wijdan Hilmy)
Post a Comment