Masukkan iklan disini!

Seminar Nasional K3 sebagai Acara Puncak dalam Rangkaian Bulan K3 OSH Forum FKM Undip

 

Sumber: Dokumentasi Panitia


    Seminar Nasional K3 merupakan acara seminar yang diadakan oleh Forum Occupational Safety & Health (OSH Forum) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Acara seminar ini diadakan di Hall Budioro FKM Undip pada Sabtu, 8 Juni 2024 pukul 08.00 WIB dengan mengusung tema "Optimalisasi Penerapan K3 dalam Menghadapi Perubahan Iklim Guna Mewujudkan Usaha Berkelanjutan".

    Diadakan secara hybrid, acara ini dihadiri oleh 350 peserta secara luring dan 250 peserta secara daring melalui zoom meeting. Tidak hanya mahasiswa Universitas Diponegoro saja, acara ini juga dihadiri oleh para mahasiswa maupun civitas akademika dari berbagai universitas di Indonesia dan oleh masyarakat umum. Sebagai acara puncak dan akhir dari rangkaian bulan K3, Seminar Nasional K3 ini diadakan secara meriah dengan diawali oleh sambutan dan dibuka oleh Wakil Dekan I FKM Undip, Dr. Nurjazuli, S.K.M., M.Kes. Acara dilanjutkan dengan opening speech oleh Hery Sutanto S.T, M.M, selaku Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker RI.

    Dalam acara inti di Seminar Nasional K3 tahun ini, OSH Forum FKM Undip turut menghadirkan 3 pembicara ahli di bidang K3 dari berbagai instansi seperti Abdul Hakim selaku program officer International Labour Organization (ILO), Rani Miranti, S.K.M. dari PT Panasonic Manufacturing Indonesia, dan Heri Haryono S.K.M. dari PT Siemens Indonesia untuk menyampaikan materi mengenai bagaimana persiapan atau langkah K3 dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang terjadi di Indonesia maupun di mancanegara. Penyampaian materi ini dimoderatori oleh Fahmi Aditya, S.K.M. selaku HSE pada PT. Yasa Wahana Tirta Samudera dan selaku alumni peminatan K3 FKM Undip. Dalam penyampaian materi, ketiga pembicara berfokus pada kenaikan suhu ekstrim pada beberapa tahun terakhir dan dampaknya pada para pekerja. Pembicara ke-3, Heri Haryono, S.K.M. menjelaskan bagaimana menghadapi kenaikan suhu ekstrim pada pekerja dengan heat stress management yang terdiri dari 6 langkah yaitu risk assessment, employee adaption, workplace arrangement, emergency response, reporting mechanism, dan evaluation & improvement.

    Setelah penyampaian materi, terdapat juga acara talkshow dengan pembicara 2 dan 3. Dalam sesi talkshow ini salah satu topik yang dibahas adalah mengenai tantangan dalam K3. "Salah satu tantangan dari K3 adalah return value atau bagaimana cara menjelaskan ke perusahaan bahwa sebenarnya dalam K3 terdapat return value dalam hal economic value seperti dalam hal pengurangan limbah" ujar Heri Haryono, S.K.M. selaku pembicara dalam sesi talkshow ini. Sesi talkshow diakhiri dengan closing statement dari kedua pembicara. "Perubahan Iklim menjadi tanggung jawab bersama, banyak ilmu yang harus harus kita pelajari, kembangkan diri agar kita dapat fight baik di negara sendiri maupun di dunia global." closing statement dari salah satu pembicara Rani Miranti, S.K.M. Seminar Nasional K3 diakhiri dengan pembagian undian doorprize kepada para peserta seminar, penampilan dari OSH Forum 2025 dengan menyanyikan 2 buah lagu. (Hikmatun Nazillah dan Pasha Bagoes)

No comments