Masukkan iklan disini!

Aksi Mahasiswa KKN di Desa Krikilan Membuat Ibu-Ibu PKK Cinta Lingkungan Dengan Memilah Sampah Organik dan Anorganik

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Krikilan, Kalijambe, Sragen (20/07/2024) - Dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di Desa Krikilan, Mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat 2021 dengan Program Monodisiplin yang dilakukan oleh Beatrix Catelia (21). Kegiatan ini dilaksanakan kepada para ibu-ibu anggota PKK RT 10, dilaksanakan di rumah Pak RT 10 pada hari Sabtu, 20 Juli 2024. Program Monodisiplin yang dilaksanakan dengan mengajak ibu-ibu PKK untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara memilah sampah organik dan anorganik.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


      Desa Krikilan masih menggabungkan pembuangan sampah antara organik dan anorganik sehingga ketika terjadi penumpukan menyebabkan bau yang tidak sedap. Masyarakat desa juga masih membakar sampah karena tidak adanya TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Desa Krikilan yang berdampak ke tingkat polusi udara.



Sumber: Media Pribadi


      Oleh karena itu masyarakat diberikan pemahaman tentang kesadaran pengolahan sampah dan sistem program pemilahan sampah yang akan dilakukan. Sampah organik dapat dibuat komposting. Sementara sampah anorganik dapat dibuat kerajinan tangan. Dari program ini diharapkan dapat menjadi awal perubahan masyarakat Desa Krikilan untuk terus memilah sampah dan menjaga lingkungan dari segala bentuk pencemaran serta dapat mencegah stunting dengan angka yang masih cukup tinggi. (Beatrix Catelia)

No comments