Masukkan iklan disini!

Antisipasi Penyakit DBD, Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Pembuatan Spray Anti Nyamuk dari Bahan Alami Kulit Jeruk dan Serai!

Sumber: Dokumentasi Pribadi


   Kabupaten Pekalongan, 26 Juli 2024 – Telah dilaksanakan program kerja monodisiplin oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP dengan tema “Pembuatan Produk Spray Anti Nyamuk dari Ekstrak Kulit Jeruk dan Serai Sebagai Upaya Pencegahan Demam Berdarah Dengue”.

  Upaya preventif dan penanggulangan DBD masih menjadi fokus utama pada bidang kesehatan di Desa Sijeruk, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Inovasi dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah tangga dapat menjadi potensi yang tepat sebagai peningkatan upaya preventif dan penanggulangan DBD.

   Insektisida alami lebih aman untuk kesehatan manusia karena tidak meninggalkan residu di lingkungan. Serai memiliki kandungan minyak atsiri yang efektif untuk mengusir nyamuk. Aroma kulit jeruk yang segar membantu menutupi aroma serai yang kuat, menciptakan keharuman yang lebih menyenangkan dan mengundang sekaligus menjaga efektivitas pengusir nyamuk.

 Pelaksanaan program monodisiplin dilakukan dengan edukasi, tanya jawab, serta demonstrasi pembuatan produk. Demonstrasi ini dilakukan dengan menginformasikan cara pembuatan spray anti nyamuk dari kulit jeruk dan serai kepada ibu-ibu PKK Desa Sijeruk dengan bantuan kartu resep. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu pencegahan terjadinya kasus DBD di Desa Sijeruk. (Nadya Putri W. Rahmanda)

No comments