Masukkan iklan disini!

Bentuk Generasi Sehat, Mahasiswa KKN Undip Tim II Laksanakan Program Inisiasi Dini Pembentukan Kelompok Anak Sehat melalui Pencerdasan dan Pelatihan PHBS

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Boyolali, 27 Juli 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip Tim II Tahun 2024 sukses melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk menanamkan kesadaran mengenai pentingnya kebersihan dan kesehatan sejak dini pada anak-anak di wilayah Desa Kendel. Program kerja tersebut bertema "Inisiasi Dini Pembentukan Kelompok Anak Sehat melalui Pencerdasan dan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)" yang bertempat di SDN 1 Kendel.

    Kegiatan yang berlangsung di SDN 1 Kendel ini melibatkan puluhan anak-anak sekolah dasar yang duduk di bangku kelas 1, 2, dan 3. Mahasiswa KKN tersebut memberikan materi edukasi yang menarik dan interaktif mengenai perilaku hidup bersih dan sehat. Hasna Hadaina Husna, mahasiswi S1 Program Studi Kesehatan Masyarakat memberikan materi yang mencakup berbagai topik seperti pentingnya mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan diri, Cara menjaga kesehatan gigi, hingga pentingnya mengonsumsi makanan bergizi.

    Mahasiswa KKN Tim II Undip tersebut menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk membentuk kelompok anak sehat yang dapat menjadi contoh dan agen perubahan di lingkungannya masing-masing. "Kami ingin anak-anak ini tidak hanya mengerti tentang PHBS, tetapi juga mampu mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari dan mengajak teman-teman mereka untuk melakukan hal yang sama," ujar Hasna.

  Untuk membuat kegiatan lebih menarik, tim KKN menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan seperti permainan edukatif, demonstrasi dan praktik mencuci tangan, serta kuis interaktif. Selain itu, anak-anak juga diajak untuk bernyanyi bersama dengan nyanyian-nyanyian yang bertemakan kesehatan.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


     Mahasiswa KKN Tim II Undip tersebut juga memberikan poster informatif kepada guru dan sekolah mengenai langkah cuci tangan yang baik dan benar, pesan gizi seimbang, indikator perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, hingga bagaimana cara menjaga kesehatan gigi. Poster tersebut ditempel pada dinding sekolah, mading sekolah, dan juga di setiap kelas, hal tersebut menjadi cara untuk mendukung dan mengawasi anak-anak dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

    Mahasiswa KKN Undip Tim II Tahun 2024 berharap melalui program inisiasi dini ini, kesadaran akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dapat ditanamkan dengan baik pada anak-anak, sehingga tercipta generasi yang lebih sehat dan berdaya saing tinggi. Mereka berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menciptakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. (Hasna Hadaina Husna)

No comments