Masukkan iklan disini!

Edukasi Jalan Raya: Mahasiswa KKN Undip Ajak Anak-Anak SD Pahami Bahaya Berkendara Bagi Anak di Bawah Umur dan Pengenalan Mengenai Rambu Lalu Lintas

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Krikilan, Kabupaten Sragen (23/07/2024) - Kedisiplinan berlalu lintas perlu diajarkan sejak dini karena pelanggaran dan kecelakaan jalan raya masih tinggi. Di Desa Krikilan, mahasiswi Hukum KKN TIM II Undip, Nasywa Intan Putri Dzakirah, mengamati kurangnya rambu keselamatan dan banyaknya anak di bawah umur yang mengendarai sepeda motor tanpa pengawasan dan tidak mengenakan helm. Kondisi ini berisiko tinggi karena anak-anak belum memiliki fisik, kesiapan mental, dan keterampilan berkendara yang memadai.

    Demi meningkatkan kesadaran keselamatan berlalu lintas, Nasywa Intan melaksanakan program edukasi di SD Negeri Krikilan 1. Program ini bertujuan mengedukasi siswa tentang larangan berkendara bagi anak-anak di bawah umur dan pentingnya memahami rambu lalu lintas, serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran hukum di kalangan pelajar.

Sumber: Dokumentasi Pribadi


      Kegiatan diadakan di SDN Krikilan 1 dengan 23 siswa kelas 6, Program dimulai dengan perkenalan tentang keselamatan lalu lintas oleh Nasywa Intan dari KKN TIM II Undip, melalui presentasi interaktif, permainan edukatif, dan tontonan mengenai rambu lalu lintas. Mahasiswa menjelaskan larangan berkendara bagi anak di bawah umur dan pentingnya aturan ini. Respon siswa sangat positif; mereka antusias, menunjukkan pemahaman lebih baik, dan menikmati kuis serta sesi tanya jawab dengan hadiah.


Sumber: Media Pribadi


    Dengan program ini, diharapkan Siswa SD Negeri Krikilan 1 diharapkan dapat lebih memahami mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas serta aturan-aturan yang berlaku. (Nasywa Intan Putri Dzakirah)

No comments