Masukkan iklan disini!

Gerakan Karang Taruna Sehat Bersama Kader Kesehatan Cegah Penyakit Tidak Menular

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Ngaglik, Sambi Boyolali (Sabtu 27/07) sebagai upaya pencegahan penyakit tidak menular pada kalangan usia muda dilaksanakan kegiatan gerakan karang taruna sehat cegah penyakit tidak menular dalam bentuk edukasi dan pemeriksaan kesehatan dengan berkolaborasi bersama kader kesehatan Desa Ngaglik. Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Ngaglik, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


      Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak disebabkan oleh infeksi dan tidak menular dari orang ke orang. Beberapa penyakit golongan penyakit tidak menular yaitu diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung. Sasaran program kerja ini adalah karang taruna yang rata-rata anggotannya adalah masyarakat usia produktif. Dalam kegiatan ini dihadiri sekitar 20 orang diantaranya meliputi perwakilan karang taruna, kader kesehatan, bidan desa hingga perangkat Desa Ngaglik.

      Kegiatan diawali dengan pembukaan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Daryanto selaku Kepala Desa Ngaglik kemudian dilanjutkan edukasi penyakit tidak menular oleh Sofie Puji Hayati, mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro dari program studi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan diakhiri dengan pemeriksaan kesehatan oleh Bidan Desa Ngaglik dan kader kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi cek tensi darah, lingkar perut, lingkar lengan atas, berat badan dan tinggi badan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. (Sofie Puji Hayati)

No comments