Masukkan iklan disini!

KASUS MASIH TINGGI! Mahasiswa KKN Undip Lakukan Optimalisasi Kelas Ibu hamil Melalui Pencerdasan Pemberian ASI Eksklusif Guna Cegah Kasus Weight Faltering Pada Anak

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Boyolali, 23 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) telah berhasil melaksanakan program kerja inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak di wilayah Desa Kendel, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Program kerja tersebut bertajuk "Optimalisasi Kelas Ibu Hamil melalui Pencerdasan Pemberian ASI Eksklusif" dan Difokuskan pada Upaya Pencegahan Kejadian Weight Faltering pada Anak” di Balai Desa Kendel.

    Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan ibu hamil yang antusias mengikuti kelas tersebut. Dalam program ini, mahasiswa KKN tersebut memberikan edukasi tentang pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayi. Hasna Hadaina Husna, mahasiswa S1 program studi S1 Kesehatan Masyarakat menjelaskan manfaat ASI yang tidak hanya mencakup aspek nutrisi tetapi juga perlindungan terhadap berbagai penyakit.

    Mahasiswa KKN Tim II Undip tersebut menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil mengenai pentingnya ASI eksklusif dan mitos serta fakta yang beredar di masyarakat terkait pemberian ASI eksklusif.

    "Saya ingin memastikan bahwa ibu-ibu hamil di sini mendapatkan informasi yang tepat mengenai manfaat ASI eksklusif sehingga dapat mencegah kejadian weight faltering pada anak-anak mereka," ucapnya.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Melalui pertemuan rutin kelas ibu hamil, edukasi mengenai pentingnya ASI eksklusif disampaikan secara intensif. Sesi tanya jawab yang interaktif serta penyediaan buku saku memberikan ruang bagi ibu hamil untuk menggali informasi lebih dalam. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan, namun juga motivasi ibu hamil untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka, sehingga diharapkan dapat mencegah kejadian weight faltering dan memastikan tumbuh kembang optimal anak.

    Salah satu peserta yang mengikuti kelas ibu hamil, Ibu Dian, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelaksanaan kegiatan ini. "Saya merasa sangat terbantu dengan informasi yang diberikan. Sekarang saya lebih mengerti pentingnya ASI eksklusif dan manfaat memberikan ASI yang benar kepada bayi saya nanti," kata Ibu Dian.

    Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian buku saku berisi manfaat dan pentingnya pemberian ASI eksklusif dan gizi ibu hamil yang dapat digunakan sebagai referensi bagi para ibu hamil. Mahasiwa program studi Kesehatan Masyarakat tersebut berharap program ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang dalam meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak di wilayah tersebut.

  Dengan adanya program optimalisasi kelas ibu hamil ini, Mahasiswa KKN Tim II Undip mengharapkan kejadian weight faltering pada anak dapat diminimalisir, dan generasi yang lebih sehat serta kuat dapat tercipta. Mahasiswa KKN Undip Tim II juga berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya demi kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang inovatif dan bermanfaat. (Hasna Hadaina Husna)

No comments