Masukkan iklan disini!

Kolaborasi Mahasiswa Tim II KKN Undip 2024: Cegah Demam Berdarah bersama Kader PKK dengan Ciptakan Lingkungan Rumah yang Bersih dan Sehat

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Surakarta, 21 Juli 2024 - Telah dilaksanakan program kerja monodisiplin oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (Undip) dengan tema Pemeriksaan higiene sanitasi bangunan rumah secara mandiri dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan kesehatan sebagai pencegahan kejadian DBD.

    Pelaksanaan program monodisiplin dilakukan dengan diskusi dan edukasi, dihadiri oleh 27 kader PKK dan 6 mahasiswa KKN Tim II Undip.

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Mahasiswa Tim II KKN Undip memberikan 4 bahan pertanyaan yang menjadi bahan diskusi diantaranya;
        1. Bagaimana kelompok sasaran membersihkan rumah?
        2. Bagaimana kelompok sasaran menyimpan dan mencuci pakaian kotor?
        3. Bagaimana kelompok sasaran mengolah sampah rumah tangga dan batang bekas?
        4. Apa saja jenis tampungan air yang dimiliki oleh kelompok sasaran?

    Mahasiswa Tim II KKN Undip memberikan informasi tentang tempat perindukan jentik hingga nyamuk dewasa dan upaya menjaga lingkungan fisik rumah tangga yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga. Mahasiswa Tim II KKN Undip menyampaikan tentang pentingnya menguras penampungan air secara rutin, memasang kawat kasa di ventilasi, menyimpan baju kotor dalam wadah tertutup, dan memberikan larvasida pada tempat yang ditemukan jentik nyamuk.

    Penutupan dari pelaksanaan program monodisiplin dilakukan dengan penyerahan kenang-kenangan dan melakukan foto bersama. Adanya kegiatan diskusi dan edukasi terkait pencegahan DBD menjadi salah satu upaya peningkatan kesadaran individu dalam mencegah DBD. Harapannya informasi yang telah disampaikan pada pelaksanaan program ini akan menjadi informasi dan bekal dalam menjaga lingkungan fisik rumah tangga di kehidupan sehari-hari. (Syifa Amalia)

No comments