Masukkan iklan disini!

Mahasiswa KKN UNDIP Berhasil Memberi Penyuluhan kepada Orang Tua dengan Bayi dan Balita tentang Pola Asuh untuk Mencegah Terjadinya Stunting pada Anak

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Magelang, Jawa Tengah – Stunting pada anak-anak merupakan salah satu isu kesehatan penting yang dapat mempengaruhi masa depan generasi muda. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi pertumbuhan fisik anak, tetapi juga berpotensi mengganggu perkembangan kognitif dan kualitas hidup mereka di masa depan. Oleh karena itu, penyuluhan kepada orang tua mengenai pola asuh yang tepat untuk mencegah stunting sangatlah penting.

    Erika Sukma Setiyani, seorang mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2023/2024 dari Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat berhasil menjalankan program penyuluhan kepada orang tua dengan bayi dan balita tentang pola asuh untuk mencegah terjadinya stunting pada anak di Aula Balai Desa Bawang.

    Kegiatan yang dilaksanakan pada 24 Juli 2024 ini diikuti oleh 12 ibu dengan bayi dan balita serta 5 ibu kader posyandu. Tujuan utama dari penyuluhan ini adalah untuk memberikan informasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pola asuh pada anak sebagai upaya pencegahan terjadinya stunting.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Dalam kegiatan tersebut, Erika memberikan pemahaman konvensional mengenai pola pengertian stunting beserta dampaknya, pengertian pola asuhdan beberapa contoh penerapannya. Selain itu, ia juga memberikan tips dan trik tambahan dalam penerapan pola asuh yang baik bagi anak. Dengan bahasa yang mudah dipahami, Erika berhasil menarik perhatian para ibu dan mendorong mereka untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh.

    “Keadaan stunting dapat memberikan dampak serius pada perkembangan fisik dan kognitif anak, dan dapat berdampak jangka panjang terhadap kesehatan dan produktivitas di masa dewasa. Oleh karena itu, pencegahan dan penanganan stunting merupakan hal yang penting salah satunya melalui pola asuh pada anak yang baik," ujar Erika.

    Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para orang tua mengenai pola asuh pada anak untuk mencegah kejadian stunting. Dengan penerapan pola asuh yang baik dan benar pada anak, kita dapat mencegah stunting dan menciptakan generasi penerus yang sehat dan cerdas. (Erika Sukma Setiyani)

No comments