Masukkan iklan disini!

Mari Jaga Lingkungan dengan Bijak: Mulailah Memilah Sampah di Rumah bersama Mahasiswa TIM II KKN Undip

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Surakarta, 27 Juli 2024 - Pelaksanaan program kerja monodisiplin oleh mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) dengan tema Inovasi lingkungan sehat dengan pemisahan sampah tingkat rumah tangga.

    Kelurahan Sudiroprajan memiliki program Bank Sampah yang baru ditempatkan di RW 1 dan program pengepulan sampah tingkat rumah tangga setiap harinya. Terdapat kendala untuk pengadaan bank sampah di setiap RW yaitu lahan yang tidak memadai.

    Pelaksanaan program monodisiplin oleh mahasiswa Tim II KKN Undip dengan Kader PKK RW.5 bersamaan dengan rapat rutin PKK dengan demonstrasi dan edukasi. Program dihadiri dengan 12 Kader PKK dan 4 mahasiswa KKN. Mahasiswa Tim II KKN Undip membuka program dengan diskusi. membagikan kertas yang berisi jenis-jenis sampah yang dihasilkan di tingkat rumah tangga diantaranya; plastik, sisa makanan, sayur-sayuran, daun kering, dan kertas. Berdasarkan kertas tersebut dilakukan diskusi terkait jumlah sampah yang dihasilkan dan bagaimana pengelolaannya.

    Mahasiswa TIM II KKN Undip melakukan demonstrasi dengan memberikan contoh pemanfaatan barang bekas sebelum dibuang ke TPA

Sumber: Dokumentasi Pribadi

    Rangkaian selanjutnya adalah edukasi, mahasiswa TIM II KKN Undip memberikan informasi lebih detail terkait pengelolaan sampah tingkat rumah tangga, beberapa materi yang disampaikan oleh mahasiswa Tim II KKN Undip diantaranya;
    1. Pentingnya pemilahan sampah tingkat rumah tangga
    2. Cara pemilahan sampah
    3. Pemanfaatan sampah organik dan anorganik
    4. Dampak penumpukan sampah rumah tangga

    Pelaksanaan program monodisiplin berjalan dengan lancar disertai antusias dari para Kader PKK. Pengelolaan sampah tingkat rumah tangga perlu diterapkan guna meringankan beban pengepul dan beban lingkungan. Sampah adalah tanggung jawab kita yang perlu kita olah dengan tepat guna menciptakan lingkungan bersih dan sehat. (Syifa Amalia)

No comments