Masukkan iklan disini!

Memperkenalkan Pemimpin Baru: Siapa Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Kesmas dan K3 Terpilih?

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Pada hari Kamis, 8 Agustus 2024, panitia pemilihan Ketua dan Wakil Ketua HMPS FKM Undip menyelenggarakan penghitungan suara dan sidang penetapan Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Sidang ini berlangsung secara daring melalui platform Microsoft Teams pada pukul 16.00 WIB dan terbuka untuk dihadiri mahasiswa/i aktif dari program studi Kesehatan Masyarakat dan K3.

   Panitia pemilihan HMPS FKM berperan penting dalam penyelenggaraan pemilihan ini. Sebagai badan yang mengatur dan mengawasi jalannya proses pemilihan, panitia pemilihan HMPS ini memastikan bahwa setiap langkah yang diambil sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan transparansi. Tugas utama dari panitia ini adalah mengorganisir pemungutan suara, merekapitulasi hasilnya, serta menyelenggarakan sidang penetapan.

    Proses pemungutan suara dilakukan secara daring melalui formulir online yang diakses oleh seluruh mahasiswa/i aktif dari Kesmas dan K3. Proses ini dirancang agar mudah diakses dan transparan, serta memungkinkan setiap suara yang masuk dihitung dengan akurat. Rekapitulasi hasil pemungutan suara dilakukan segera setelah formulir ditutup dan hasilnya langsung diumumkan pada sidang penetapan. Tingkat partisipasi mahasiswa program studi K3 FKM dalam pemilihan ini sangat tinggi, terlihat dari perbandingan jumlah suara masuk dengan daftar pemilih tetap dari program studi K3. Namun sebaliknya, partisipasi dari mahasiswa program studi Kesmas FKM Undip tergolong rendah, terlihat dari banyaknya golput pada pemungutan suara yang telah dilakukan sebelumnya.

   Dari hasil rekapitulasi, didapatkan hasil sebagai berikut:
  Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan nama pasangan calon Ketua HMPS Mahendra Putra Susanto didampingi oleh Wakil Ketua HMPS Syawalfa Rezkazia Is Khawarindu:
    - Jumlah suara masuk: 252
    - Suara tidak sah: 2
    - Kotak kosong: 36
    - Golput: 819
    - Perolehan suara: 214

  Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan nama pasangan calon Ketua HMPS Joselina Benedicta didampingi oleh Wakil Ketua HMPS Argyabanu Widhiwasa :
- Jumlah suara masuk: 76
- Suara tidak sah: 17
- Kotak kosong: 0
- Golput: 19
- Perolehan suara: 59

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Hasil ini menunjukkan bahwa calon Ketua dan Wakil Ketua HMPS yang terpilih adalah Mahendra Putra Susanto dan Syawalfa Rezkazia Is Khawarindu sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMPS Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan suara sah yang diperoleh mencapai 214 suara dari total 252 suara yang masuk, serta Joselina Benedicta dan Argyabanu Widhiwasa sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMPS Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan suara sah yang diperoleh mencapai 59 suara dari 76 suara masuk. “Karena memenuhi persyaratan pada pasal 19 ayat (1), yaitu pasangan Mahendra dan Syawalfa yang memperoleh lebih dari 100 suara sah dari jumlah DPT Kesmas FKM Undip, yang mana perolehan suara HMPS Kesmas Undip yaitu 252 suara serta pasangan Joselina dan Argyabanu telah memenuhi persyaratan pada pasal 19 ayat (2) yakni memperoleh lebih dari 45 suara sah dari jumlah DPT K3 FKM Undip yang mana memperoleh 76 suara, maka suara dianggap sah dan tidak akan dilakukan pemungutan ulang,” ucap Aqiela Hilfi Ahmedan selaku Ketua Panitia Pemilihan HMPS FKM Undip 2024.

   Dengan terpilihnya Mahendra dan Syawalfa sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMPS Kesmas, serta Joselina dan Argyabanu sebagai Ketua dan Wakil Ketua HMPS K3, diharapkan dapat membawa angin segar bagi kemajuan organisasi dan menjalankan fungsi himpunan mahasiswa dengan baik. Mahendra menyatakan bahwa dengan terpilihnya dirinya menjadi ketua HMPS Kesmas Undip, ia berharap agar dapat mengemban tugas dengan baik, jujur, dan adil. Ia juga berharap agar HMPS ke depannya bisa berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Begitu juga dengan Joselina, ia meminta dukungan agar setiap program kerja yang akan dilaksanakan dapat sesuai dengan prinsip Undip COMPLETE ataupun visi misi melalui grand design organisasi. Sidang penetapan hasil pemilihan ini menandai babak baru bagi terbentuknya HMPS FKM Undip. Diharapkan kepemimpinan ini dapat membawa perubahan positif sesuai dengan aspirasi mahasiswa. (Tim Pantau Pilawa‘2024)

No comments