Masukkan iklan disini!

Transformasi Hijau: Program Komposting Berlanjutan Ubah Sampah Organik Ciptakan Pupuk Ramah Lingkungan

Sumber: Dokumentasi Pribadi


    Krikilan, Kabupaten Sragen (20/07/2024) – Berdasarkan data SIPSN (Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional) pada tahun 2023 tercatat bahwa timbulan sampah tahunan di Indonesia telah mencapai 33.743.338,15 ton/tahun dengan 309 kabupaten/kota se-Indonesia. Salah satu komposisi sampah berdasarkan jenisnya yang paling banyak yaitu 41.007 ton/tahun (40,5%) adalah sisa makanan dan komposisi sampah berdasarkan sumber sampah terbesar berasal dari rumah tangga sebesar 1.456,9 ton/tahun (49,6%).

        Dalam upaya mengatasi hal tersebut, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro 2023/2024 mengadakan edukasi dan pelatihan mengenai pembuatan pupuk kompos melalui compost bag. Kegiatan pelatihan pembuatan kompos dengan compost bag dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2024 yang bertempat di rumah Ketua RT 10 Dusun Sangiran, Desa Krikilan yang melibatkan ibu-ibu PKK. Kegiatan ini diawali dengan edukasi terkait pentingnya mengolah sampah yang dapat dilakukan dengan skala rumah tangga, cara pembuatan, dan cara kerja dari metode komposting dengan bantuan media leaflet yang dibagikan kepada ibu-ibu PKK dan dilanjutkan praktek pembuatan kompos.


Sumber: Dokumentasi Pribadi


        Dengan diperkenalkannya metode komposting diharapkan warga Desa Krikilan mampu membuat kompos secara mandiri di rumah yang dilakukan secara berkelanjutan sehingga dapat mengurangi jumlah sampah domestik terutama sampah organik. Setelah kegiatan ini usai, mahasiswa juga tetap melakukan monitoring terhadap warga yang mencoba turut membuat kompos. (Nabila Fara Deva Syafna)


Sumber: Media Pribadi

No comments