Masukkan iklan disini!

Konsolidasi Mahasiswa Penjaringan Wakil Dekan FKM Undip Periode 2024-2029

 

Sumber: Dokumentasi Pribadi


        Wakil dekan bertugas membantu pelaksanaan tugas sehari-hari dekan dan bertanggung jawab langsung kepada dekan. Untuk mengisi posisi wakil dekan tersebut, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro melaksanakan pemaparan rencana program kerja calon wakil dekan FKM Undip periode 2024-2029 yang dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2024. Maka dari itu, pada hari Minggu, 14 Juli 2024 telah dilaksanakan konsolidasi untuk menyamakan persepsi antara pihak birokrasi dengan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Pada acara konsolidasi ini, para mahasiswa berkesempatan untuk menyampaikan pertanyaan dan aspirasi kepada kandidat calon wakil dekan FKM Undip. Beberapa kandidat calon Wakil Dekan 1&2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro periode 2024-2029 yaitu ada dalam posisi Wakil Dekan I yang bergerak di bidang Kemahasiswaan : Dr. dr. Sri Winarni, M.Kes. dan Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D. Selain itu, kategori yang kedua Wakil Dekan II yang bergerak di bidang Sumber Daya : Dr. Septo Pawelas Arso, S.KM., MARS , Dr. Dra. Sulistiyani, M.Kes , Dr. Dra. Ayun Sriatmi, M.Kes , dan Dr. Ir. Mursid, M.Si.

         Pada acara pemaparan rancangan program kerja wakil dekan 1 & 2 yang dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2024 diawali dengan pemaparan program kerja yang dipaparkan pertama kali oleh calon 1 wakil dekan I Bidang Kemahasiswaan yaitu Ibu Dr. dr. Sri Winarni, M.Kes. lalu dilanjutkan oleh pemaparan calon 2 wakil dekan I yaitu Bapak Farid Agushybana, S.KM., DEA., Ph.D. Serta dilanjutkan dengan pemaparan oleh calon wakil dekan II yang bergerak di Bidang Sumber Daya yaitu Dr. Septo Pawelas Arso, S.KM., MARS , Dr. Dra. Sulistiyani, M.Kes , Dr. Dra. Ayun Sriatmi, M.Kes , Dr. Ir. Mursid, M.Si. Setelah pemaparan rancangan program kerja oleh masing-masing kandidat calon wakil dekan yang sudah disebutkan sebelumnya, sesi selanjutnya terdapat sesi tanya jawab yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa yang ingin bertanya kepada seluruh kandidat calon wakil dekan I dan II secara terbuka.

      Beberapa pertanyaan yang diajukan mahasiswa FKM dan tercatat dalam acara konsolidasi mahasiswa penjaringan kepada calon wakil dekan I yaitu mengenai: jika terpilih goals apa yang akan dilakukan bapak/ibu terhadap Kawasan Tanpa Rokok (KTR), apa saja program tahun lalu yang gagal serta dapatkah memperbaiki dan mengevaluasi program kedepannya, bagaimana jika Indikator Kinerja Utama (IKU) program kerja mahasiswa dan pendanaan seperti ATK dan gerakan mengajar tidak memenuhi standarisasi dekanat. Kemudian ada pertanyaan juga yaitu bagaimana pendapat calon wakil dekan I mengenai persamaan persepsi IKU agar selaras karena terdapat beberapa penolakan dengan perbedaan pendapat, serta bagaimana langkah komitmen pengoptimalan dosen wali agar peran dosen wali bisa dirasakan mahasiswa karena beberapa mahasiswa tidak merasakan kehadiran dosen wali dan sulit ketika ingin menghubungi dosen wali.

        Pertanyaan yang diajukan selanjutnya yaitu pertanyaan yang diajukan beberapa mahasiswa kepada calon wakil dekan II yaitu mengenai: bagaimana perawatan lingkungan yang dilakukan di area fakultas, bagaimana tindak lanjut dari calon wadek 2 mengenai alokasi dana keperluan praktikum karena fasilitas dalam lab (sarung tangan dan masker) seharusnya sudah disediakan fakultas namun di beberapa praktikum mahasiswa menyediakan sendiri, apakah mahasiswa perlu dilibatkan dalam penetapan banding UKT dalam fakultas, apakah FKM hanya ikut keputusan satgas PPPKS Undip saat terjadi kekerasan seksual, Kenapa program IISMA mahasiswa dibatasi dan apakah ada kelonggaran dari calon wakil dekan II, serta bagaimana kabar kelanjutan parkiran belakang yang sudah penuh dan garis parkir yang belum terealisasikan hingga saat ini.

        Diadakannya konsolidasi sebelum pemilihan calon wakil dekan 2024-2029 bertujuan agar dapat menyamakan persepsi antara birokrasi dan mahasiswa. Selain itu mahasiswa juga dapat tahu mengenai bagaimana visi misi yang akan dibawakan para calon wakil dekan I dan calon wakil dekan II ketika pada akhirnya akan terpilih menjadi wakil dekan periode 2024-2029. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai sarana bagi mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya kepada calon wakil dekan terkait dengan sarana dan prasarana yang terdapat di lingkungan fakultas. Harapannya wakil dekan yang terpilih nanti dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (PSDM LPM PH 2024)

No comments